Prodi Fisika Adakan Workshop Metodologi Penelitian

Seminar dan workshop metodologi penelitian di Program studi Fisika fakultas Sains dan Teknologi.

Lpmarena.com, Rabu (13/11) acara seminar dan workshop bertajuk “Metodologi Penelitian Fisika” digelar di teatrikal fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Acara yang berlangsung pukul 09.30-12.00 WIB ini menghadirkan dua pembicara, Agus Eko Prastyo pakar pembuat proposal dari UGM dan Frida Agung Rakhmadi, Ketua Progran Studi (Prodi) Fisika. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat mahasiswa prodi Fisika melakukan budaya penelitian yang nantinya akan membawa dirinya menjadi manusia lebih beriman, beramal, dan bermanfaat.

Penelitian merupakan penyelidikan secara sistematik untuk menjawab pertanyaan atau masalah melalui metode ilmiah. Peneliti harus mempunyai tiga kemampuan dasar. Yaitu bahasa, metodologi yang tepat dan sesuai dengan yang diteliti, terakhir penguasaan materi serta teori-teori. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk proposal penelitian yaitu dokumen singkat yang berisi tentang rencana penelitian.

Menurut Agus, syarat proposal yang baik itu ada tiga. Pertama, sistematis (sesuai dengan pola-pola tertentu). Kedua, terencana (tentang langkah-langkah pelaksanaan, lengkap dengan jadwal pengumpul data, analisa, hingga pelaporan). Ketiga, mengikuti konsep ilmiah dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah.

Komponen proposal penelitian menurut Agus ada 12. Judul, latar belakang, perumusan masalah, batasan penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, tinjauan pustaka, hipotesis, metode penelitian, jadwal pelaksanaan, daftar pustaka, dan lampiran.

Kaitan antara penelitian dengan agama (Islam) menurut Frida Agung Rakhmadi, terdapat empat model integrasi-interkoneksi, yaitu komplementasi, komparasi, induktifikasi, dan verifikasi. (Isma Swastiningrum)


Editor : Ulfatul Fikriyah

 

Komentar

komentar

Baca juga  Fenomena Korupsi di Indonesia

Related posts

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of