Gerakan Pangan untuk Kesejahteraan Petani

Spread the love

Prosesi pemotongan tumpeng dalam rangka Milad PMI ke-15 dilakukan di awal acara seminar nasional , Senin (18/11).

Lpmarena.com, Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEM-J) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Suka menggelar seminar nasional dalam rangka milad PMI ke-15. Seminar yang mengusung tema “Kedaulatan Pangan sebagai Gerakan Sosial” ini berlangsung pukul 08.00-13.00 WIB di Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Senin (18/11).

Menurut Istiqomah, ketua pelaksana Milad PMI ini mengatakan tujuan seminar untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pangan. “Acara ini sendiri mempunyai tujuan umum, yakni menggali tentang usaha-usaha meningkatkan pangan agar benar-benar dijadikan sebagai kegiatan sosial, dan tema ini sangat cocok bagi jurusan PMI sendiri,” ungkap Istiqomah.

Acara yang dibuka oleh Waryono, dekan FDK ini menghadirkan empat pembicara, Ahmad Ya’kub (Serikat Petani Indonesia), Muhammad Maksum (bidang Akademik Pertanian UGM), Chasan Abdullah (Forum Silaturahmi Pondok Pesantren) dan Zamzami (Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan). Mahasiswa jurusan PMI dari luar UIN Suka juga turut hadir dalam seminar ini, seperti mahasiswa PMI dari Cirebon, Bandung, dan Semarang.

Waryono dalam pembukaanya berpesan agar seminar ini tidak hanya sekedar seminar saja, melainkan sebagai seminar yang menggerakan mahasiswa untuk berperan aktif di dalam kehidupan bernegara ini. Kemudian, berharap agar diadakan suatu gerakan yang jelas dalam memperhatikan nasib para petani yang kian hari semakin memburuk.

Iis Eka Wulandari, peserta seminar, mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat. “Saya ikut acara ini karena saya ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi saya kelak, meskipun saya bukan dari jurusan PMI,” ujar mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ini. (Siti Umayah)

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Baca juga  Mengkaji Keadilan Sosial Perspektif Murtadha Muthahhari

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of