“Udang” dibalik Pengulangan Berita

Lpmarena.com, Berkembangnya teknologi informasi mengakibatkan banjir berita di berbagai media massa. Lantas, bagaimana dengan pemilihan isu berita yang diulang-ulangi?

Hal ini mengemuka dalam diskusi media bertema “Banjir Berita” dalam acara HUT LPPM Kreativa ke-10, di Wayang Ukur jalan Tamansiswa, Sabtu (30/11). Acara ini diikuti LPM Idea universitas negri Jember dan sejumlah LPM di Jogjakarta. Seluruh peserta dituntut menyatakan pendapat dalam acara tersebut.

Taufik, Kordinator Jaringan LPM Ekspresi UNY dalam diskusi berpendapat dengan pengulangan isu berita maka masyarakat akan mengingat kembali suatu peristiwa yang belum tuntas. “Hendaknya kita menggunakan logika Menolak Lupa,” ujar Taufik menggunakan microfon.

Ia memberi contoh, dengan mengulang isu pemberitaan Lumpur Lapindo di media Massa, masyarakat akan terus mengawal bahkan melancarkan aksi protes. Namun Taufik menyayangkan terhadap media massa yang melakukan pengulangan isu berita karena suatu kepentingan.

Adapun Ibnu Hajar, dari LPM Balairung berpendapat jika pengulangan berita yang dilakukan media guna menarik minat konsumen mengikuti perkembangan isu yang sedang panas. (Hartanto Ardi Saputra A.K.A Rimba)

Editor : Folly Akbar

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of