Hanum Rais Tak Menduga, Bukunya Difilmkan

Lpmarena.com, Dewan Mahasiswa Fakultas (Dema–F) Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan mengadakan seminar peluang beasiswa Eropa dan talkshow film “99 Cahaya di Langit Eropa” di Gedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (03/12).

Hadir sebagai nara sumber Rangga Almahendra dan Hanum Salsabila Rais. Keduanya menceritakan kembali perjalanan mereka semasa kuliah di Eropa dan mengemas dalam sebuah novel yang berjudul “99 Cahaya di Langit Eropa”.

Hanum Salsabila Rais tidak menduga bahwa karyanya akan dijadikan film. “Pada awalnya kami justru tidak menyangka jika novel kami akan diangkat menjadi sebuah film, niat kami dalam menulis novel hanyalah sebagai syiar agama dan film ini kami anggap sebagai bonus,” ungkap putri Amien Rais ini.

Rangga Almahendra menuturkan pengambilan film tersebut dilakukan di empat negara Benua Eropa, Istanbul (Turki), Paris (Prancis), Cordoba, Spanyol.

“Dalam pembuatan film tersebut alhamdulillah dimudahkan oleh Allah, misalnya ketika permintaan ijin syuting di Katedal Pallermo, Sisilia, kami langsung mendapat ijin tersebut, karena pihak di sana juga mendukung penuh dengan pembuatan film kami.”

Pengalaman Kuliah di Eropa

Dalam bukunya, mereka menceritakan ketika  Islam menjadi minoritas, keduanya harus dengan susah payah menyesuaikan diri dengan cara berpakaian, etika, keberadaan masjid, dan makanan halal yang sulit didapatkannya ketika di Eropa.

Sesi pertama acara ini, alumnus Erasmus Mundus (beasiswa uni Eropa) yang hadir pun turut membagikan pengalaman mereka ketika di Eropa. Hanum sendiri menceritakan kisahnya sejak ia belum berjilbab. Di Eropa, kaum muslim adalah kaum minoritas, namun karena minoritas inilah yang ahirnya membawa Hanum menjadi berjilbab saat kuliah disana. Dari pertemuan itu pun ia menyadari bahwasannya Islam disana sangat kental sejarah, karena Islam pernah jaya di Eropa pada masa Dinasti Abbasiyah.

Baca juga  Mengkaji Keadilan Sosial Perspektif Murtadha Muthahhari

Sesi kedua terjadi histeria para peserta dengan hadirnya Fatin Shidqia Lubis, sebagai penyanyi sountrack film 99 Cahaya di Langit Eropa ini. (Ekmilana)

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of