Forum Rektor Indonesia digelar di UNS

Foto FRI 2013 di Universitas Sultan Agung Semarang. Diamil dari www.kpu.go.id
Foto FRI 2013 di Universitas Sultan Agung Semarang. Diambil dari www.kpu.go.id

Lpmarena.com, Konvensi kampus X dan temu tahunan XVI Forum Rektor Indonesia (FRI) akan digelar di Universitas Sebelah Maret (UNS) selama dua hari. Berlangsung dari Kamis-Jum’at, 29 s.d 30 Januari 2014 di Auditorium UNS. Ravik Karsidi, rektor UNS menjabat sebagai ketua FRI 2014.  Kegiatan FRI kali ini bertema “Kedaulatan Rakyat dalam Perencanaan Pembangunan Nasional pada Era Asia”.

Menurut Khairul Anam, bagian Humas UNS mengungkapkan, tema kedaulatan rakyat dalam perencanaan pembangunan nasional pada era Asia merupakan keputusan yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tujuannya adalah mempersiapkan pembangunan manusia di Era Asia yang akan datang ini.

“Tema itu membreakdown kebijakan Kemendikbud. Itu secara detail akan dibahas oleh para Rektor. Salah satu temanya adalah bagaimana menyiapkan pemimpin, apalagi ini 2014 merupakan tahun politik,” ujar Khairul Anam.

Ia juga menungkapkan, hasil pembahasan FRI, nantinya akan dijadikan pegangan dalam menentukan kebijakan di masing-masing Universitas. Selain itu juga digunakan sebagai tawaran alternatif bagi pemerintah Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, FRI ini juga akan membahas bagaimana mengembalikan peran GBHN (Garis besar Haluan Bernegara). ”Dimungkinkan atau tidak GBHN tersebut. Walaupun dilakukan dengan penuh perjuangan. Mungkin perlu ada revisi atau amandemen UUD 1945 yang ke lima, yang akan dibahas dalam Forum Rektor tersebut,” terang Khairul.

Kagiatan FRI nantinya akan diawali dengan acara pembukaan yang menampilkan tari tradisional Jateng, tari gambyong. Dilanjutkan sambutan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, kemudian diskusi panel. Dihadiri oleh Muhammad Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI), Armida Alisjahbana (Ketua Bappenas), Irman Gusman (ketua DPD RI) dan Djoko Santoso (Dirjen Dikti) sebagai pemateri terkait tema besar FRI. Diskusi panel ini akan dilaksanakan di Taman Budaya Jawa Tengah.

Baca juga  Menyongsong Sukses Pemilu 2014

Sebanyak 162 Rektor telah memberikan konfirmasi untuk mengikuti acara tersebut (27/01), namun jumlah tersebut diyakini Khairul Anam akan bertambah pada hari-H 29 Januari besok. “Pengalaman dari Forum Rektor sebelumnya, biasanya banyak Rektor yang mendaftar pada saat hari H (pelaksanaan).” Dalam Forum Rektor kali ini, panitia sendiri menargetkan 700 peserta. (Fikri)

Editor : Ulfatul F

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of