Home - Sosialisasi 4 Pilar Menuju Pemilu Berkualitas

Sosialisasi 4 Pilar Menuju Pemilu Berkualitas

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

lpmarena.com, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) menggelar  Talkshow Goes to Campus bertemakanSosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Mewujudkan Pemilu Berkualitas” di Gedung Convention Hall  UIN Sunan Kalijaga, Senin (27/01). Hadir menjadi pembicara dalam acara tersebut Ketua MPR-RI Sidarta Danusubroto,  Ketua Komisi Pemilihan Umum DIY Hamdan Kurniawan dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suka Noorhaidi Hasan.

Dalam pemaparannya Sidarta mengatakan,”Diadakannya sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara untuk membentuk ikatan batin berbagai etnis yang ada di seluruh tanah air,  seperti Jawa, Sumatara, Sulawasi serta etnis yang lain. Harapanya agar sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara ini tetap utuh dan tidak ada golongan apapun atas nama Bhinneka Tuggal Ika. Kita tidak boleh membiarkan NKRI menjadi sejarah yang hanya bisa dikenang”.

“Sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tujuannya tidak lain untuk mengajak civitas akademika dan masyarakat secara umum menyukseskan pemilihan umum dengan memilih pemimpin yang berkualitas, bukan yang memilki modal,” ungkap Sidarta

Hal serupa juga disampaikan Hamdan Kurniawan, “ Sukseskan Pemilu dengan memilih pemimpin yang berkualitas dan berkompeten serta akuntabilitas dalam mensejahterakan rakyat demi kepentingan bangsa dan bernegara,” kata Hamdan.

Di lain pihak, Noorhaidi berharap  KPU memastikan persiapan pemilhan umum dengan baik, agar tidak terjadi suatu kerancuan baik secara teknis maupun mekanis. Dia juga berharap parpol (partai politik) mendahulukan visi dan misi program sehingga rakyat dapat melaksanakan pemilihan dengan baik, dan tidak terjadi golput.

Ironisnya, pada acara tersebut banyak mahasiswa yang diusir disebabkan tidak mengenakan sepatu sehingga hal itu dapat menimbulkan banyak “ke-kecewaan” sebagaimana diungkapkan  Muhlas Jailani. ” 4 pilar tidak pernah memandang mana orang yang bersepatu dan mana yang tidak, semunya sama,” ujarnya, saat ditemui ARENA.

 (M Faksi Fahlevi)

Editor : Folly Akbar