Home - Empat Cara Menumbuhkan Tradisi Akademik ala Minhaji

Empat Cara Menumbuhkan Tradisi Akademik ala Minhaji

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Buku ini mencoba mengupas berbagai persoalan akademik di Perguruan Tinggi.

lpmarena.com, Bedah buku “Tradisi Akademik Perguruan Tinggi” karya Akhmad Minhaji berlangsung di gedung Teatrikal Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga, Minggu pagi (9/2). Hadir selaku pembedah sekaligus penulis buku, Akhmad Minhaji.

Menurutnya, buku ini mencoba menjelaskan dan mengupas berbagai persoalan akademik yang ada di Perguruan Tinggi. Seperti tradisi akademik yang harus dimulai sejak dini, tiga hal penting dalam mengelola lembaga pendidikan (Knowledge, Skill, Integrity/commitment), peran aktif lembaga dalam menciptakan siswa dan mahasiswa yang unggul, serta bagaimana berfikir global bagi akademisi.

“Orientasinya pada jeneng (nama) bukan pada jenang (honor). Saatnya berpikir nasional, bukan lagi tingkat Sapen. Mulai melangkah secara global dan Internasional,” ungkap pria yang kini menjabat Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suka.

Pria asal Madura tersebut juga menyinggung tentang pentingnya belajar bahasa asing, filsafat dan sejarah. “Bahasa ibarat jendela, kalau dia bisa satu bahasa, dia punya satu jendela, dua bahasa, dua jendela, dan seterusnya. Kedua, belajar filsafat, dengan mempelajari filsafat orang akan mencari sampai akar-akarnya. Ketiga, belajar sejarah, dengan sejarah orang akan tahu kenapa ia berhasil dan gagal,” ujarnya.

Selain bedah buku, juga dilaksanakan acara pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswaa Islam Komisariat Fakultas Saintek UIN Suka periode 2013-2014 dengan Nurhafid Firmansyah sebagai ketua umumnya.(Isma Swastiningrum)

 

Editor : Folly Akbar