Ada BBM di FEBI UIN SUKA

Pagi itu (Sabtu, 6/9) sekitar 14 mahasiswa baru menyambut antusias acara BBM alias Bincang-Bincang Maba yang diadakan oleh divisi PSDI (Pemberdayaan Sumber Daya Insani) ForSEI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara BBM ini bertujuan untuk memotivasi dan memfasilitasi komunikasi antara maba dengan mahasiswa FEBI angkatan sebelumnya. Dalam acara tersebut, komunikasi aktif dan sharing tentang tips untuk menjadi mahasiswa yang ideal berlangsung dengan baik. Dua narasumber yaitu alumni Keuangan Syariah Kak Rizqi Umar Al-Hashfi S.E.I (Presiden ForSEI 2012/2013) dan Khotibul Umam S.E.I (Kepala Divisi PSDI 2012/2013) merupakan mahasiswa yang lulus dengan cum laude dan sudah memiliki banyak pengalaman baik dalam bidang akademisi maupun organisasi.

Pada kesempatan tersebut Kak Umar memberikan motivasi untuk terus belajar dan gambaran prospek mahasiswa ekonomi Islam untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Tingginya kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemajuan industri yang berbasis ekonomi Islam seperti perbankan syariah, lembaga keuangan syariah non bank, pengajar, dan wirausahawan yang tertarik dengan konsep spiritual company memberikan banyak kesempatan bagi para calon ekonom rabbani untuk menggapai masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Kak Umam juga memberikan motivasi bahwa menjadi seorang mahasiswa adalah sebuah kebanggan tersendiri karena perjuangan menjadi mahasiswa tidaklah mudah, menjadi mahasiswa di FEBI UIN Sunan Kalijaga merupakan sebuah kemenangan setelah mengalahkan ribuan pendaftar lainnya. Menjadi mahasiswa dengan korban sejarah karena masuk pada jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan kita bukanlah sebuah alasan untuk bermalas-malasan dalam belajar. Allah telah mentakdirkan kita dan percaya bahwa kita akan berhasil dengan apa yang telah kita dapatkan saat ini. Sehingga, bagaimanapun setelah menjadi mahasiswa juga merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan termasuk setelah kita lulus, sehingga jangan menyia-nyiakan waktu kita semasa kuliah. Kita harus mengingat kembali apa tujuan kita untuk kuliah.

Baca juga  Sharia Finance Expo digelar di FEBI

Selain motivasi untuk terus belajar, Kak Umar dan Kak Umam juga memberikan gambaran pentingnya berorganisasi dan memperluas wawasan tidak hanya di sekitar kampus saja, melainkan juga dengan kampus lain. Pengalaman organisasi kita akan dilihat setelah kita lulus dan akan bekerja.  Kak Umam berkata, kita tidak perlu pusing memikirkan dimana kita akan bekerja, karena lapangan pekerjaan itu lebih luas dari apa yang kita pelajari di kelas. Yang harus kita lakukan adalah memiliki target dan rencana yang jelas baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, setelah itu kita harus berkomitmen untuk mencapai prestasi sebaik-baiknya baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Lima hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus memiliki target yang tinggi, rencanakan langkah selanjutnya, jalankan dengan optimis, bertawakal kepada Allah, dan niatkan karena Allah. menjadi mahasiswa adalah menjadi agent of change. Namun, sebelum merubah dunia ini, sebelum merubah negeri ini, dan sebelum merubah orang lain agar lebih baik, sebaiknya kita merubah diri kita sendiri. Ingatlah 3M (mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang dan mulai dari hal yang kecil).

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU, SELAMAT MERAIH CITA-CITA DAN SELAMAT BERJUANG!!!

 

~PSDI ForSEI ~

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of