Home - Perpustakaan Fakultas Bermasalah

Perpustakaan Fakultas Bermasalah

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com, Perpustakaan fakultas menjadi alternatif penunjang akademik bagi mahasiswa, karena buku tertentu belum tentu tersedia di perpustakaan pusat. Namun, terkadang ada beberapa masalah dalam pengelolaan perpustakaan fakultas. Salah satu persoalan yang terjadi di Perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Kaijaga, adanya kekosongan pustakawan.

“Pustakawan yang kemarin resign, belum ada penggantinya,” ujar Anita Sofiati selaku Kepala Subbagian (Kasubag) Pengembangan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Saintek ketika ditemui di ruangannya (02/03).

Menurut Anita perpustakaan Saintek tidak serta merta kosong sama sekali. Ia telah menunjuk salah satu pegawai bagian umum Saintek menjadi petugas sementara di perpustakaan. Namun hal ini berdampak pada jam buka perpustakaan, yang seharusnya jam 08.00 menjadi 10.00.

Ditemui ARENA di Perpustakaan Saintek, Zainal yang menjadi petugas sementara perpustakaan mengaku belum paham tentang kerja kepustakaan. Belum dikuasainya ilmu kepustakaan menjadi kendala tersendiri bagi Zainal. Ketika ditanya letak buku tertentu, ia juga masih bingung. “Saya disini tugasnya melayani peminjaman, pengembalian dan kartu bebas pustaka,” ujar Zainal yang telah satu bulan menjaga perpustakaan Saintek.

Sementara itu, Anita tidak membenarkan bahwa kegiatan perpustakaan terlalu terganggu karena kekosongan pustakawan ini.“Tidak terbengkalai sekali lah, karena memang petugasnya dalam tahap belajar. Insyaallah Maret ini sudah ada pustakawan baru,” terang Anita.

Anita mengungkapkan bahwa sudah ada nama calon pustakawan yang diajukan ke Pusat Administrasi Universitas (PAU). Namun Surat Keputusan (SK) dari PAU belum turun. “Ini sudah Maret, tapi kita menunggu dari PAU, menunggu pengesahannya,” ujarnya.

Selain masalah kekosongan pustakawan, kurangnya rak buku dan rusaknya mesin pencarian buku juga menjadi kendala tersendiri bagi perpustakaan ini. Anita pun berjanji akan menyampaikan masalah rusaknya mesin pencarian buku kepada pihak terkait. Anita mengatakan bahwa efektifnya kegiatan perpustakaan diharapkan mendukung kegiatan akademik mahasiswa, agar terbentuk sumber daya manusia yang lebih baik. (Alifah dan Zidni)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah