294 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com, Mendadak lobi Fakultas Sains dan Teknologi berubah menjadi hijau karena adanya PRB (Pekan Raya Biologi), Kamis (19/3). PRB kali ini bertepatan dengan Hari Air, acara yang diadakan oleh HIMA (Himpunan Mahasiswa) Jurusan Biologi ini mengangkat tema Kuselamatkan Lingkungan Kuselamatkan Biodiversitasku.

Hal-hal yang berkaitan dengan biologi di pajang dan dipamerkan di PRB, seperti berbagai macam tumbuhan, hewan, foto-foto tentang biodiversitas dan hasil kreasi bioteknologi. Kreasi-kreasi ini adalah hasil karya dari mahasiswa biologi. “Tumbuhan, hewan, anggrek disini dibuat sendiri kan di (jurusan) biologi juga ada Orchidologi (ilmu keanggrekan-red),” ujar Adkia mahasiswa biologi 2013 selaku panitia PRB. Adkia juga mengungkapkan bahwa semua yang dipamerkan juga dibuat sendiri di kebun belakang laboratorium terpadu.

Produk bioteknologi yang dipamerkan adalah yogurt, nata de coco, dan fermikompos. Sedangkan biodersivitas (keanekaragaman) hewan yang dipajang di PRB juga berupa hewan asli yang hanya kulitnya yang masih asli diawetkan, sedangkan dalamnya berisi kawat agar membentuk hewan sempurna. Hewan yang dipamerkan antara lain ular, kelinci, ayam, dan juga angsa, adapula kerangka kelinci yang diawetkan.

Dari tumbuhan, yang ada di PRB cukup banyak, akan tetapi yang paling terlihat adalah anggrek yang dipajang namun juga ada yang dijual. Foto-foto alam yang ditampilkan juga tidak kalah menarik karena mengagkat isu-isu lingkungan dan juga keragaman makhluk hidup. Foto-foto ini tidak hanya ambil dari mahasiswa UIN Suka tetapi juga beberapa uineversitas di Jogja. Selain itu juga ada jamur yang dipajang yang juga merupakan hasil budidaya mahasiswa.

Pada PRB tahun ini juga ada seminar mengenai pemanfaatan limbah untuk bioteknologi dari Kementrian Lingkungan Hidup. Seminar ini berisi mengenai prinsip reduce, reuse, recycle dan pengolahan kotoran ternak untuk biogas. Banyak yang bisa mahasiswa gali dari seminar ini.

“Adanya PRB ini membuat kita jadi lebih tahu tentang lingkungan kita, bagaimana kita harus memperlakukan alam dengan baik,” kata Nisfi mahasiswi Fakultas Saintek yang ditemui ARENA saat sedang melihat foto yang dipamerkan. Menurut Nisfi adanya PRB ini juga membuat ia sadar bahwa banyak yang harus kita jaga terutama bumi tempat tinggal manusia.

Agenda lain PRB adalah penyisihan olimpiade Biologi yang di ikuti oleh siswa SMA/MA yang terpilih setelah mengikuti seleksi di daerah masing-masing. “Insya Allah ramai karena ada olimpiade biologi tingkat DIY, Jateng, dan Jatim,” kata Adkia. Dilanjutkan dengan open lab yang materinya mengenai pembuatan yogurt, fermikompos, dan preparat bujur dan melintang. (Zidni Rahmatika)

Editor: Isma Swastiningrum