Tiga Tips Menjadi Pengusaha dari Hary Tanoesoedibjo

Lpmarena.com, Pengusaha Hary Tanoeodibjo (HT) mengungkpakan jika ingin menjadi pengusaha, bekal yang harus dipunya ada tiga, yakni tujuan yang jelas, kualitas, dan kecepatan (speed).

“Dalam membangun karir punya tujuan yang jelas agar nggak bolak-balik,” kata Hary dalam acara “Dialog Bersama HT” di Bale Ayu, Rabu (10/6) yang dihadiri para mahasiswa, blogger, komunitas kreatif, dan santri.

Jika tujuan sudah mentap, Hary lalu melanjutkan tinggal menerapkan dua hal berikutnya.

“Apapun yang kita lakukan yang itu menjadi tujuan kita, lakukan yang terbaik dan berkualitas. Bukan sekedar banyak atau sekedar selesai,” kata Hary, ia percaya kualitas membawa karir seseorang lebih baik. Kualitas juga tak hanya berhubungan dengan materi.

Di masa sekarang juga di mana teknologi berkembang cepat, Hary berujar faktor kecepatan sangat penting. Ia memberi contoh kisah sukses pendiri fesbuk, Mark Zuckerberg yang cepat mengembangkan fesbuk. “Speed, cepat! Awal tahun 2000 yang dipakai friendster, Mark mencontoh friendster dan cepat memperbaiki kualitasnya,” ujar pengusaha serba bisa asal Surabaya ini.

Pria yang sudah 26 tahun berkecimpung di dunia bisnis ini juga menegaskan yang menjadi tantangan terberat menjadi pengusaha adalah konsistensi.

“Tantangan hidup, tantangan bisnis itu bagaimana kita bisa konsisten, caranya dengan fokus pada tujuan kita. Sukses tergantung bagaimana kita mengakhirinya, bukan mengawalinya,” ucapnya. (Isma Swastiningrum)

Komentar

komentar

Baca juga  Musa Asy'arie: Kunci Utama Berwirausaha Adalah Karakter

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of