UIN Pasang Standar Bagi Pendaftar Difabel

Lpmarena.com, Pendaftaran jalur Reguler UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) telah ditutup 30 Juli 2015, pukul 24.00 WIB. Hingga ditutupnya pendaftaran tersebut, tercatat 31 pendaftar masuk melalui jalur Reguler difabel_jalur yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa berkebutuhan khusus.

Casmini, Ketua Admisi menjelaskan, saat ini dari 31 jumlah pendaftar tersebut beberapa ada yang bukan penyandang difabel. “Itu ada yang normal yang keliru masuk ke reguler difabel, tetapi yang positif baru 7 anak yang menyandang difabel. Ketahuannya setelah kami cek, kami telfon satu-persatu mahasiswanya,” ungkap Casmini kepada ARENA, Senin (3/08) lalu.

Jumlah peserta yang dinyatakan positif difabel tersebut melaksanakan Ujian tulis (Utul) bersamaan dengan reguler umum, hanya tempatnya dikhususkan di gedung PKSI lama. Casmini mengatakan, pada saat ujian, mereka akan mendapatkan pendampingan khusus dari Pusat Layanan Difabel (PLD). “Ada beberapa pendampingan yang disesuaikan dengan kebutuhan khususnya.”

Mengenai jumlah kuota untuk difabel, Casmini mengungkapkan UIN Suka menyediakan 15 kursi. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang akan masuk UIN benar-benar disaring karena untuk menjaga kualitas inputnya. “Jumlah ini disesuaikan dengan standar di UIN nanti diterimanya atau tidak. UIN kan punya standar, karena kami juga menjamin kualitas input UIN.” Standar itu telah ditentukan berdasarkan SK (Surat Keputusan) Rektor untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Suka,” jelasnya.

Hasil pengumuman jalur Reguler baik umum maupun difabel nantinya akan diumumkan pada 11 Agustus 2015. “Kami ajukan 1 hari, karena menunggu registrasi dari UM-PTAIN,”pungkasnya. (Anis N. Nadhiroh)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Baca juga  Pegiat Difabel Butuh Media Alternatif

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of