OPAK Kenalkan Mahasiswa Baru pada Organisasi

Hari pertama OPAK diisi sosialisasi 17 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Lpmarena.com, Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) merupakan salah satu serangkaian kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa baru (Maba) di UIN Sunan Kalijaga. OPAK yang dilaksanakan tiga hari tersebut, tahun ini mengangkat tema “Menciptakan Generasi Mahasiswa Ulil Albab yang Berpegang Teguh pada Kearifan Lokal dan Berwawasan Global.”

Hari pertama OPAK (20/08) ialah pembukaan secara resmi oleh wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Siti Ruhaini Dzuharyatin. Lalu dilanjutkan dengan agenda sosialisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di gedung Multipurpose UIN Suka. Acara yang dimulai dari 08.00 itu dimoderatori oleh Wulan Agustina dan Mulyana.

Sebelum dilanjutkan pada sosialisasi UKM, Ruhaini memberikan sambutan. Di awal sambutannya, ia meneriakan jargon penyemangat, “Indonesia Jaya, UIN berkarya nyata”. Selain itu ia juga menyampaikan pada Maba agar dapat mengembangkan potensi lewat organisasi. “Harus siap untuk menghadapi tantangan global. Akademik dan berorganisasi harus seimbang karena orang sukses tidak hanya bidang akademik saja. Untuk jadi sukses juga bisa mengolah potensi yang lainnya salah satu dalam berorganisasi,” ujar Ruhaini.

Satu persatu UKM menampilkan karya-karyanya seperti JCM dengan film, ARENA dengan hasil tulisannya dan aksi-aksi, Olahraga dengan olah bola sepak, SPBA kemampuan berbahasa, Kordiska, Al-Mizan dengan kesenian musik, Al-Jami’ah, Gita savana dan Teater ESKA dengan jargonnya yang dapat mencairkan suasana. Sebelum penampilan tiap UKM para panitia membagikan kertas fotocopyan berisi profil tiap UKM. Masing-masing UKM diberi waktu 15 menit.

Setelah acara di Multipurpose berakhir, dilanjutkan sosialisasi di luar ruangan pada pukul 13.00 WIB. Bertempat di halaman panggung demokrasi (Pangdem) dengan penampilan Menwa, KSR PMI, Inkai, Cepedi ,Taekwondo, dan Mapalaska.

Baca juga  Menelisik Kicauan #G30SUKT di Twitter

Setelah ditemui Arena, beberapa Maba seperti Okta dan Nisa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengaku tertarik untuk ikut organisasi. Mereka juga telah memilih UKM yang diinginkan. Tak hanya Okta dan Nisa, Salam, Maba Jurusan Ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga mengungkapkan keinginannya ikut organisasi. “Saya juga ingin berorganisasi. Namun yang dapat mendukung perkuliahan.” (Dewi Anggraini)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of