UIN Suka Dipadati 3.665 Peserta UM-PTKIN dan SPAN-PTKIN

Lpmarena.com, Sebanyak 2.615 calon mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 UIN Sunan Kalijaga mengikuti tes tertulis Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Tes tulis dilaksanakan di Kampus UIN Sunan Kalijaga Jl. Marsda Adisutjipto selama dua hari, 14-15 Juni 2016. Dari pukul 07.00-11.00 WIB.

Materi yang diujikan secara umum tergantung jurusan yang diambil. Ada IPA, IPS, atau IPC, ditambah ujian tentang Tes Potensi Akademik dan keislaman. Salah seorang orang tua yang mengantar anaknya mengikuti UM-PTKIN adalah Utami dari Magetan. Ia berangkat dari jam dua dini hari mengantar putrinya bernama Amira untuk mengikuti UM-PTKIN dengan pilihan jurusan Ekonomi Syariah dan Manajemen Dakwah. “Tes sampai besok, dua hari. Besok Amir IPS,” kata Utami.

Selain itu, peserta ujian asal Kebumen bernama Siti Nurhayati pun menjelaskan awalnya dirinya mendaftar online dan membayar biaya tes sejumlah Rp 150.000,00. Lalu hari ini ia mengikuti UM-PTKIN dan menunggu pengumuman yang akan keluar pada 18 Juli 2016.

Berbeda dengan Siti, Novita Dian Pangestu, Selasa (14/6/2016) melakukan verifikasi data Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). “SPAN kayak SNMPTN, dapat undangan. Gak ada biaya pendaftaran dan pakai rapot,” kata Novita yang dari jalur tersebut telah diterima di jurusan Pengembangan Masyrakat Islam (PMI). Dari data yang dilansir dari web resmi uin-suka.ac.id sendiri, jumlah peserta verifikasi SPAN-PTKIN ada  1.050 mahasiswa.

Reporter dan Redaktur: Isma Swastiningrum

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of

Send this to a friend