Hitler, Bangkitnya Seorang Diktator

Film Hitler: The Rise of Evil mengisahkan tentang kehidupan Hitler dari kecil hingga menjadi seorang penguasa di Jerman. Film ini juga menggambarkan bagaimana perjuangan Hitler untuk menguasai Jerman.

Hitler tumbuh di Linz, Austria. Semasa kecil ia adalah seorang anak yang pendiam dan berbakat dalam seni. Berawal dari karier sebagai prajurit militer akhirnya Hitler berhasil mendirikan Partai Sosialis Nasionalis dan mempunyai massa. Hitler yang notabene keturunan Yahudi dalam massa hidupnya justru membenci orang-orang Yahudi, juga menyatakan perang pada komunis dan ideologi yang tidah sepaham dengannya. Karena kebenciannya itu, Hitler tumbuh menjadi seorang penguasa yang kejam.

Kanselir pada saat itu berniat membuat pemerintahan baru tanpa partainya Hitler dan mengadakan koalisi dengan seluruh partai saingan Hitler. Hitler ingin menggagalkan upaya tersebut dengan bekerjasama dengan Jendral Ludendorff untuk mendukung gerakannya, sehingga membuat Hitler dicap sebagai penghianat negara, tapi ia akhirnya bebas bersyarat.

Karier Hitler semakin menanjak setelah Partai Sosialis Nasionalis menjadi partai terbesar di Reichtag. Hingga akhinya Hitler berhasil menjadi kanselir dengan program pengaktifan Undang-Undang yang berisi tentang ditangguhkannya kebebasan berbicara, perkumpulan, dan pers. Seperti politik kebanyakan, disini pers juga berperan dalam kelanjutan kiprah Hitler. Meski hanya mendapat porsi sedikit, namun tetap menunjukkan bahwa pers dapat digunakan sebagai senjata maupun ancaman dalam dunia perpolitikan.

Hitler juga ingin menjadikan Jerman sebagai negara polisi dengan dirinya sebagai penguasa mutlak, hingga saat presiden Hindenburg meninggal dan jabatan presiden dan kanselir digabung. Hal ini benar-benar menjadikan Hitler sebagai penguasa mutlak dan memulai operasinya dalam penghapusan orang-orang Yahudi.

Dalam film ini diceritakan pula kehidupan asmara Hitler namun tidak utuh. Hitler mempimpin Jerman selama beberapa dekade, dan secara keji membantai orang-orang Yahudi hampir di seluruh Eropa hingga akhirnya dikabarkan bunuh diri di bunker Berlin pada 30 April 1945 bersamaan dengan kekalahan Jerman.

Baca juga  Membela Filosofi Libertarian

Sebagai pembelajaran sejarah film ini bagus dan memuat banyak taktik politik. Sosok Hitler merupakan seorang orator ulung dalam meyakinkan masyarakat Jerman tentang pandangan politiknya. Film ini memuat sejarah pembentukan Nazi dan kiprahnya.  Selain itu terdapat beberapa dokumentasi pada akhir film yang meyakinkan kita bagaimana gambaran masyarakat saat itu.

Sayangnya, film ini mempunyai beberapa kekurangan, yaitu karena hanya memuat sebagian peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu. Selain itu penggambaran Hitler sebagai sendiri kurang jelas, dan tentang hubungan asmaranya di dalam film ini tidak terlalu terlihat. Sehingga terdapat sedikit ketidakpuasan tentang sosok Fuhrer Jerman itu sendiri.

Film ini layak untuk ditonton oleh masyarakat khususnya yang tertarik dengan sejarah dan politik khususnya yang ingin mengetahui pembentukan Nazi dan sepak terjangnya. Serta bagi yang ingin mengetahui kekejaman Hitler pada masa pemerintahannya.

Judul Hitler: The Rise of Evil │ Produksi Alliance Atlantis│ Rilis  2013 │Sutradara Christian Duguay│ Aktor Robert Carlyle, Peter O’Toole, Stockard Channing, Julianna Marguiles, Friedrich Von Thun │ Durasi Part 1. 88 menit dan Part 2. 89 menit │ Peresensi Ratna Sari

Komentar

komentar

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of