Galau yang Ikhlas dalam “Tidak Ada New York Hari Ini”

Lpmarena.com, Pada hari Minggu (24/07) sore, sekumpulan pecinta buku dari Klub Baca Yogyakarta duduk membentuk elips di salah satu Kafe di daerah Sagan, Indiecology. Mereka berkumpul untuk deklamasi puisi sekaligus berdiskusi tentang buku karya M. Aan Mansyur berjudul Tidak Ada New York Hari Ini. Buku tersebut berisikan 31 puisi Aan yang juga diselingi karya-karya fotografi karya Mo Riza.

Tiga puisi di dalam antologi tersebut digunakan oleh sutradara Riri Riza untuk mengisi film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2). Aan mewakili Rangga yang menuliskan puisi bernaskan cinta dan New York untuk Cinta. Dua sejoli ini dalam kisahnya telah berpisah selama 14 tahun, kemudian bertemu lagi.

Meski puisi cinta kebanyakan dibuat dengan bahasa yang menyek-menyek sampai puitis, bagi Suryawan WP,  penulis novel yang ikut membacakan puisi Aan tersebut menyatakan bahwa Aan tak menuntut terlalu keras untuk menjadi penyair. Baginya puisi adalah museum yang lengah.

Salah satu puisi yang dibahas berjudul Akhirnya Kau Hilang, bagi Surya bercerita tentang kehilangan, tapi sesuatu yang hilang itu justru bereksistensi di mana-mana. “Seseorang yang hilang, sebenarnya telah ada di mana-mana. Rangga suka galau, tapi galau yang ikhlas,” ujar penulis novel Hari Tak Selamanya Malam ini.

Puisi lainnya berjudul Jika Malam Terlalu Dalam bagi Ayu Dipta Kirana salah satu personel Klub Baca menganggap puisi tersebut bercerita tentang sebuah identitas. “Tentang, bagaimana jika orang menempatkan identitas yang berbeda dengan diri kita. Manusia ingin dikenal dengan bingkai identitas tertentu,” kata perempuan yang suka dipanggil identitasnya sebagai Karin ini.

Puisi yang dibacakan selain dua puisi di atas, di antaranya:  Pukul 4 Pagi, Batas, Ketika Ada yang Bertanya Tentang Cinta, Kemiskinan Bahasa, Di Dekat Jendela Pesawat Terbang, Pertanyaan Tentang Rindu, Aku Senang Memikirkanmu, dan lain-lainnya.

Reporter dan Redaktur: Isma Swastiningrum

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of