Pertanyaan Tepat Menentukan Kualitas Berita

Lpmarena.com, Suatu pertanyaan menentukan jawaban, jika  pertanyaan tepat maka akan menghasilkan jawaban yang memuaskan, bermakna, dan bernilai. Dari jawaban itulah akan menghasilkan berita. Baik dan buruknya kualitas berita ditentukan dengan jawaban yang diperoleh dari pertanyaan.

Hal inilah yang dibahas di dalam workshop jurnalistik bertema How To Be A Student Journalist” yang diadakaan oleh English of Science and Technology (ESC).  Bertempat di ruang 103 Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Sabtu (03/12), workshop mendatangkan Nur Istikomah selaku Akademi Manajemen Produksi Berita Multi Media Training Centre (MMTC).

Pertanyaan yang tepat memerlukan teknik wawancara yang baik, dengan mempersiapkan unsur-unsur yang harus diperhatikan, seperti teknik memulai wawancara, teknik pengumpulan data informasi yang tepat, hingga teknik bagaimana merespon sikap atau tingkah laku narasumber agar wawancara tidak gagal.

Dari workshop selain peserta diajak untuk bagaimana cara membuat dan menulis berita yang  baik dan menarik, peserta juga diperkenalkan mengenai pengalaman praktik-praktik secara langsung. “Saya baru mengetahui bahwa ada istilah wartawan lepas yang bisa mengirimkan berita, ataupun artikel kepada sebuah instansi yang mempunyai media online,” ucap Restin prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti workshop tersebut.

Magang: Aak Muyassaroh

Redaktur: Isma Swastiningrum

Komentar

komentar

Baca juga  Mendialogkan PTUN Bagi Masyarakat Sipil

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of