302 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

 

ArtJog, Seni dan Problematika Ruang Bersama  

Lpmarena.com Seni adalah salah satu cara untuk mengungkapkan ekspresi dari seseorang, baik berupa bentuk lukisan, seni ukir dan lain-lain. Perkembangan zaman yang serba digital juga memperngaruhi bentuk dari karya seni itu sendiri seperti fotografi, desain grafis dan lain-lain.

ArtJog mengangkat tema Common Space (Ruang Bersama) untuk menyadarkan kita tentang persoalan ruang bersama di mana kita hidup sehari-hari  dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak karya seni yang dipamerkan, di antaranya membuka cakrawala baru dalam melihat realita permasalahan yang diakibatkan perbuatan kita sehari-hari.

ArtJog dibuka oleh Mentri Keuangan Sri Mulyani. Acara yang bertempat di Jogja Nasional Museum ini digelar dari 25 Juli sampai 25 Agustus 2019 mendatang.

Karya seni yang menggambarkan pencemaran sungai yang diakibatkan limbah sampah

 

Karya seni yang melambangkan pentingnya daun dan terumbu karang untuk kelestarian ekosistem.

 

Karya seni yang melambangkan perubahan alam akibat penemuan-penemuan saintifik seperti minyak, nuklir, plastik,dll. Karya seni ini juga melambangkan bahwa teknologi digital juga ikut serta mengendalikan lingkungan.

 

Karya seni sudah berkembang dan merambah dunia digital seperti video dan juga foto bisa menjadi media seni.

 

Lorong keluar dari festival ArtJog melambangkan kita sebagai obyek yang terperangkap, karena kita tidak menyadari simultanitas raung dan waktu dengan kita.

 

Fotografer: Akhlal

Redaktur: Ahmad Zaim Yunus