212 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pungut Sampah UIN Sunan Kalijaga (Suka) adakan aksi membersihkan lingkungan sekitar kampus pada Sabtu (19/10) pagi. Sejak pukul delapan, para peserta mulai memunguti sampah yang ada di sekitar Poliklinik UIN.

Tim Pungut Sampah terdiri dari sebelas mahasiswa aktif dari berbagai prodi di UIN Suka. Mereka mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan ke dua buah kantong sampah besar yang dibeli melalui uang urunan mereka sendiri. Mereka lantas menyisir poliklinik dan memungut berbagai macam sampah, mulai dari sampah plastik hingga puntung rokok.

Para peserta terlihat antusias saat kegiatan berlangsung. “Emang seneng banget ikut komunitas kaya gini, apalagi prodinya ada sangkut pautnya dengan (kegiatan-red) ini,” ujar Salsa, mahasiswa semester satu Ilmu Kesejahteraan Sosial, di sela kegiatan.

Setelah semua sampah dikumpulkan dalam kantong, ia kemudian ditaruh di tempat tertentu. “Sampah (yang terkumpul di kantong plastik-red) ‘dipamerin’, biar orang lihat, kalau langsung dibuang, orang-orang enggak akan tahu apa yang telah ia perbuat selama seminggu”, jelas Salman, koordinator Tim Pungut Sampah.

Tim Pungut Sampah sendiri didirikan Salman al-Farisi dan Zainul Muttaqin di tahun 2017. Mereka resah melihat kondisi kampus yang kotor, lantas mengadakan gerakan rutin #Sabtu Bersih.  

Salman berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat kampus terkait kebersihan. Selain itu, ia juga berharap pihak kampus mengakomodasi kegiatan positif yang ia inisiasi dan turut mengambil bagian dalam gerakan tersebut.

Reporter: Fariz Azhami Ahmad (Magang)

Redaktur: Sidra

Sumber foto: satuharapan.com