Home ADVERTORIAL Tempat yang Pas Untuk Kegiatan Mahasiswa

Tempat yang Pas Untuk Kegiatan Mahasiswa

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Advetorial

Jika cerah dan Anda bangun pagi, maka gunung Merapi akan menyapa pandangan Anda. Merapi tepat di sebelah utaranya, jaraknya tidak begitu jauh. Hanya belasan menit dengan motor.

Tempat itu namanya Dusun Kembang, Desa Wonokerto, Kec. Turi, Sleman. Cocok untuk rekreasi, labih pas lagi untuk kegiatan mahasiswa seperti makrab. Di sana disediakan fasilitas dasar: kamar tidur, dapur, alat masak, tikar, aula dan perlengkapan kantor.

Suasananya asri, cuacanya dingin. Sekelilingnya terhampar kebun salak yang sering dijadikan wisata edukasi perkebunan salak. Dari Jogja bisa ditempuh sekitar 45 menit dengan berkendara motor.

Istimewanya, di sana Anda tak akan melihat sampah berserakan. Sebab, wilayah itu dinobatkan sebagai dusun terbersih se-Sleman. Sampah warganya diolah menjadi beragam bentuk. Seperti tas, dompet, pita rambut, dan vas bunga. Warganya pun pandai memisahkan limbah yang dihasilkan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

Kalau Anda melaksanakan kegiatan di tempat tersebut, Anda juga bisa diantar oleh Kembang Wonderful menyusuru sungai Pengging sebagai spot tracking. Kembang Wonderful sebagai pelayanan yang diinisiasi oleh warga dusun Kembang.

Beberpa bulan lalu, ARENA melaksanakan pelatihan jurnalistik di sana. Berikut potret dusun wisata Kembang:

Tugu salak, ikon Dusun Kembang. Ini penanda Kembang sebagai penghasil salak berkualitas di wilayah DI. Yogyakarta.

Buah salak di perkebunan warga. Gambar 1

Gambar 2.

Kolam ikan milik warga. Umumnya, mereka membudidayakan jenis ikan nila. Hasil panennya dipasok ke berbagai restoran dan pasar tradisional di wilayah Yogyakarta sampai Semarang, Jawa Tengah. Gambar 1

Gambar 2.

Gambar 3.

Gambar 4.

Potret aliran sungai Pengging. Menyusuri sungai ini serasa berada dalam gua, agak gelap, pada sisi kiri-kanannya dipenuhi batuan, berjejer menyerupai dinding beton yang tak beraturan.

Sungai Pengging ini sebagai pembatas dengan dusun sebelahnya. Pas buat tracking.

Di utara alirannya terdapat air terjun. Tingginya sedang, hanya sepuluh meteran, lebih sedikit. Bagian bawah air terjun, ada kolam natural. Bisa untuk berenang, sembil bergelantungan bagai Tarzan pada akar pohon yang menjuntai di atasnya. Memanjat pohon, menggapai akar yang menjulur ke dalam kolam, lalu lompat.

Fotografer: Firdan Haslih