Home BERITAKABAR KAMPUS PBAK 2021: Pentas Inaugurasi Hadir Kembali

PBAK 2021: Pentas Inaugurasi Hadir Kembali

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.comForum Komunikasi (Forkom) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kembali mengadakan Pentas Inaugurasi pada Sabtu (21/08). Tahun sebelumnya, pentas ini ditiadakan dari agenda Pengenalan Budaya Akademi dan Kemahasiswaan (PBAK).

Pentas Inaugurasi diselenggarakan di gedung Multi Perpose dengan tema “Lelaku”. Sebanyak 20 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Sunan Kalijaga ikut andil dalam acara tersebut. Khuluqul Karim, sutradara Pentas Inaugurasi, menjelaskan tema Lelaku merupakan upaya untuk memaparkan kegiatan-kegiatan UKM UIN Sunan Kalijaga di masa pandemi.

“Proses penggarapan berawal dari keresahan ketika pertama kali kumpul (UKM), apa, sih, kendala saat pandemi? SC ditutup, kegiatan dibatasi,” ungkapnya saat ditemui ARENA waktu pementasan berlangsung (21/8).

Khuluq pun menyayangkan absennya Pentas Inaugurasi saat PBAK tahun 2020. Tahun lalu, Pentas Inaugurasi digantikan dengan sosialisasi melalui video masing-masing UKM. Tidak diselengarakannya pentas ini, menurutnya, sangat berpengaruh pada minat mahasiswa baru untuk ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Dalam proses produksinya—Pentas Inaugurasi—memakan waktu latihan selama 11 hari; terhitung sejak 9 sampai 20 Agustus. Galang, pimpinan produksi, menyebutkan beberapa hambatan saat produksi pentas. Mulai dari proses produksi, latihan  yang terhalang karena kesibukan masing- masing anggota UKM, hingga kesulitan dalam mengkolaborasi UKM-UKM yang berperan.

“Hambatan pasti ada, terlebih teman-teman juga punya kesibukan di luar acara (Inaugurasi),” terang Galang. Dia juga berharap, adanya Pentas Inaugurasi tahun ini bisa menjadi wadah bagi UKM agar saling mengenal dan lebih akrab.

Senada dengan Galang, Noval, Ketua Forkom UKM juga mengharapkan pentas kali ini bisa bermanfaat baik bagi para anggota UKM dan mahasiswa baru. “Memupuk tali persaudaraan  dan kekeluargaan antar UKM, bagi mahasiswa baru tentunya, agar mengenal apa itu UKM,” pungkasnya.

Reporter Muhammad Alfaridzi | Redaktur Ofa Mudzhar