LPM ARENA Meriahkan Ulang Tahun JCM KE 19

LPMARENA.com Cuaca malam minggu itu cukup dingin. Semilir angin selimuti suasana Panggung Demokrasi UIN Sunan Kalijaga. Cukup ramai. Rintikan  gerimispun membelai wajah para tamu dan penonton. tapi tak menyurutkan antusias mereka. Puluhan pengunjung itu tengah menghadiri  acara ulang tahun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamaah Cinema Mahasiswa (JCM) ke-19, Sabtu (3/11), kemarin.

Turut meramaiakan, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ARENA dalam acara Ulang Tahun JCM ini. Januardi, Ayu Usada dan Bayu Sakti sebagai perwakilan LPM ARENA menampilkan Orasi Budaya dan musikalisasi puisi. Mereka mempersembahkan musikalisasi puisi Soe Hok Gie yang berjudul “Cahaya Bulan” dan diakhiri bacaan puisi WS. Rendra “Sajak Pertemuan Mahasiswa”.

“Budaya kok di orasikan?, Ada apa dengan budaya kita?. Budaya seperti apa yang diharapkan?” tanya Januardi, sebelum membacakan puisi WS. Rendra.

kenapa maksud baik tidak selalu berguna// kenapa maksud baik dan maksud baik bisa berlaga// orang berkata : “kami ada maksud baik”// dan kita bertanya : “maksud baik untuk siapa?// ….. saudara berdiri dipihak mana//

Penggalan puisi Rendra inilah yang ingin di usung dalam orasi budaya malam itu. “Bahwa sekarang banyak orang yang terjebak dalam sistem. Mereka itu ingin mengubah keadaan lingkungannya, tapi selalu terbentur dengan aturan-aturan yang rumit. Sehingga maksud baik mereka itu terkadang menjadi “buah simalakama” baginya,” uangkap Taufiq, salah satu tamu undangan saat dimintai pendapatnya tentang maksud penggalan puisi tersebut.

Selain LPM ARENA, Sanggar Nuun dan Teater Eska juga turut meramaikan acara yang bertema “JCM Istimewa Seistimewa Yogyakarta” ini. Hadir juga UKM Kine, Studi Sinematografi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka jauh-jauh dari kota Apel menghadiri undangan ini sebagai bentuk solidaritas dan silaturahim. “Acara ini cukup meriah dan menyenangkan hanya saja cuacanya tidak mendukung karena hujan tidak dapat terduga,” tutur Putra, anggota Kine UMM. [Nurul Huda]

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of