Home - Edukasi Media Tereduksi, LENTERA Beraksi

Edukasi Media Tereduksi, LENTERA Beraksi

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Bekerja sama dengan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) Ekspresi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), komunitas Lentera menggelar seminar nasional pada Kamis (29/11) di Aula Student Center (SC) UNY.

Acara yang bertajuk “Peran Media Massa dalam Membentuk Karakter Bangsa”  ini diikuti oleh mahasiswa dari UNY sendiri yang juga sebagai tuan rumah, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN) Batan, dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Yogyakarta.

Sebagai narasumber dalam seminar nasional kali ini, hadir Tri Suparyanto, wakil ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY, Octo Lampito, pimpinan redaksi Kedaulatan Rakyat, dan Hermin Indah Wahyuni, Dosen Fisipol UGM.

Saat ditemui Arena seusai berlangsungnya acara, Faruk Alhazmi, ketua panitia acara ini menyampaikan bahwa selain untuk bertukar pengetahuan, kegiatan ini juga diadakan untuk merespon realitas yang menunjukkan bahwa fungsi monitoring dan edukasi dalam sebuah media mulai tereduksi.

Faruk, begitu dia akrab disapa, memandang bahwa media saat ini hanya bermain di tataran fungsi informasi dan entertaimen saja. Sehingga membuat masyarakat kehilangan arah. “Acara ini diadakan agar masyarakat bisa memilah mana yang baik dan tidak,” tegasnya. [Noer Hasanatul Hafshaniyah]