Cara Meredakan Penyakit Scabies

Siapa yang selama hidupnya tidak merasakan yang namanya gatal-gatal? Baik itu ditangan, sela-sela kaki, selangkangan maupun badan sendiri. Ada kemungkinan jika anda terkena Scabies?

Scabis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang kerap menyerang orang yang memiliki gaya hidup kurang baik. Ciri orang yang terserang penyakit ini adalah adanya bintik-bintik kecil berwarna merah yang terdapat pada sela-sela kaki atau tangan. Bahkan beberapa kasus terdapat pada pergelangan tangan.

Tidak perlu berlama-lama. Langsung saja, berikut ada beberapa obat yang menurut hemat penulis sangat efektif untuk dilakukan.

  1. Cetinizine atau zoralyn

Obat-obat ini berbentuk kapsul dengan ukuran kecil berwarna putih ( cetinizine ) dan kuning ( zoralyn ). Kebanyakan obat ini digunakan pada gejala awal saat gatal-gatal dengan intensitas ringan datang. Untuk obat yang cukup ampuh dan sangat mudah didapatkan diapotek-apotek terdekat, tergolong murah. Untuk satu strip cetinizine hanya Rp 5,100,- sedangkan zoralyn seharga Rp 28,000,-

  1. Salep Scabicid atau sabun colek

Salep untuk penyakit Scabies sendiri tergolong murah dengan harga Rp 8,100,- atau bisa juga menggunakan sabun colek. Obat-obat ini digunakan jika gatal-gatal telah berlanjut dengan meninggalkan bekas luka. Karenanya, sabun colek yang bersifat panas akan mengeringkan luka akibat garukan jari pada bagian yang terasa gatal. Memang cukup perih seperti terbakar. Namun, jika tidak kuasa menahan perih, gunakan saja salep Scabicid, cukup dingin rasanya saat dioleskan hingga pemakai akan merasa nyaman.

 

Demikian sedikit tips untuk para penderita penyakit Scabies. Namun harus diingat, percaya akan kesembuhan dan cek tanggal kedaluarsa obatnya. Agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia.(Mugiarjo)

Editor: Folly Akbar

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of

Send this to a friend