Tips Membeli Barang Bekas

Spread the love
Ilustrasi diambil dari sosbud.kompasiana.com
Ilustrasi diambil dari sosbud.kompasiana.com

Oleh : Lugas Subarkah

Belanja barang bekas(second) menjadi tren akhir-akhir ini, terutama di kalangan mahasiswa yang identik dengan “labil ekonomi”. Mulai dari pakaian, alat musik, alat olah raga, gadget hingga kebutuhan lainnya banyak tersebar di berbagai tempat jual beli barang second. Miringnya harga, terbatasnya edisi, beragamnya mode, keunikan barang, sampai “feel” yang didapat menjadi alasan untuk memilih barang bekas. Toko barang bekas pun sangat mudah kita jumpai, baik yang fisik maupun non-fisik (online).

Belanja barang bekas berarti kita akan menggunakan barang yang sudah pernah digunakan orang. Barang yang telah digunakan orang tentu kondisinya sudah tidak 100%. Jika tidak hati-hati, maksud hati ingin untung, yang ada malah buntung. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, mungkin beberapa tips berikut bisa kita simak bersama sebelum anda belanja barang bekas.

1. Tentukan target

Sebelum melihat-lihat barang, terlebih dahulu menentukan target. Barang apa yang akan di beli. Hal ini membantu anda untuk fokus pada target, karena akan ada banyak godaan yang anda temui saat melihat-lihat barang bekas di toko. Tanpa target, anda hanya akan membuang-buang uang di situ.

2. Sabar

Dalam sebuah toko barang bekas, akan tersaji begitu banyak pilihan barang. Anda harus bersabar dalam menentukan pilihan, jangan terburu-buru. Pastikan anda telah melihat minimal 99% barang di toko itu sebelum menentukan barang yang akan dibeli. Hal ini penting untuk mendapatkan barang terbaik.

3. Teliti

Setelah anda menemukan pilihan barang, telitilah kondisi barang tersebut. Pastikan pilihan anda dalam kondisi bagus. Barang bekas sangat rawan cacat, untuk itu anda harus benar-benar teliti dan mencermati setiap inchinya.

Baca juga  Yakin, Laptop Anda Orisinil?

4. Mencoba menawar

Barang bekas biasanya dijual dengan harga sesuka penjual, kemungkinan anda dapat harga yang lebih murah sangat terbuka. Cobalah bernegosiasi dengan penjual. Hal ini tidak berlaku di toko yang sudah memberi label harga di setiap barangnya.

5. Membersihkan

Setelah barang kita bawa pulang, bersihkan sebelum dipakai! Kebersihan barang bekas tentulah sangat mengkhawatirkan. Bersihkan hingga tidak berbau, untuk meminimalisir penyakit-penyakit yang mungkin dibawa barang itu.

Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam memburu barang bekas.

 

Editor : Folly Akbar

Komentar

komentar

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of