Home - Mahasiswa FEBI Bersiap Hadapi MEA

Mahasiswa FEBI Bersiap Hadapi MEA

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) UIN Sunan Kalijaga adakan stadium general (kuliah umum) bertema “Peluang Berkarir di Lembaga Keuangan Syariah Memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Acara ini diadakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (31 Okt-1 Nov). Acara yang digelar di lantai 2 Febi ini menghadirkan pimpinan cabang BNI Syariah Semarang, Bahaudin.

Dalam kuliah umum itu, Bahaudin memaparkan macam-macam bisnis Syariah yang sedang menjamur. “Dalam sektor riil terdapat peluang kerja berupa hotel syariah, asuransi syariah, perbankan syariah, fashion syariah, prewed syariah, dan rumah makan syariah. Kenapa disertai embel-embel syariah? Padahal membawa syariah itu berat, namun syariah memiliki berkah tersendiri,” tutur Bahaudin.

“Untuk memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif butuh kerja keras. Selain itu menjadi unggul harus melaksanakan kebiasaan baik di antaranya , sholat tepat waktu, puasa senin kamis, Qiyamul lail, membaca Al-Quran setiap hari, sholat dhuha, dan menjaga wudhu,” tambahnya. Kemudian, lanjut Bahaudin, “cara untuk memasuki dunia perbankan syariah, yang pertama minimal IPK 2,75, kedua tes psikolog, dan ketiga tes kesehatan,”imbuhnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tes psikologi adalah hal yang paling susah karena dalam tes tersebut menguji kesabaran, ketelitian, dan ketahanan calon pegawai. Tes kesehatan juga perlu diperhatikan calon pegawai karena akan mempengaruhi kecerdasan fisik seseorang supaya enjoy ketika bekerja. Minimal dalam satu minggu harus melakukan olahraga.

Setelah penyampaian materi berakhir, acara dilanjut dengan sesi Tanya jawab serta penyerahan cindera mata untuk pemateri. (Dewi A)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah