Bangun Demokrasi Indonesia dengan Politik yang Etis dan Humanis

Ahmad Hanafi Aris menjelaskan materi pada kuliah umum Fishum (3/11).
Ahmad Hanafi Aris menjelaskan materi pada kuliah umum Fishum (3/11).

“Komunikasi politik yang etis dan humanis menjadi salah satu instrumen untuk mengubah krisis menjadi kesempatan baik…”

Lpmarena.com, Kalimat itu disampaikan pembicara, Ahmad Hanafi Rais(anggota DPR RI) dalam kuliah umum yang diadakan Ilmu Komunikasi fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum), Senin (3/11). Kuliah umum bertema “Membangun Komunikasi Politik yang Etis dan Humanis Menuju Demokrasi Indonesia yang Hebat” berlangsung pukul 9.00 WIB di ruang Interaktif Center Fishum.

Ahmad Hanafi Raisyang juga anggota DPR RI menyampaikan, “Komunikasi politik yang etis dan humanis menjadi salah satu instrumen untuk mengubah krisis menjadi kesempatan baik agar perubahan yang terjadi menjadi legitimate dan dikehendaki oleh masyarakat.”

Lebih lanjut ia menjelaskan, “Komunikasi politik yang etis dan humanis paling tidak menjalankan tiga hal dasar. Nir-kekerasan ialah menjauhkan komunikasi dari sikap kekerasan, reframing adalah melakukan pemaknaan ulang atas konsep yang negatif menjadi positif dan mendorong kita berpikir lebih manfaat dan problem solving yang menjadi cara bertindak dalam mengambil keputusan yang berakhir pada solusi atas masalah,” tuturnya.

Setelah pemateri selesai menjelaskan, empat peserta mengajukan pertanyaan di sesi tanya jawab. Akhirnya kuliah umum yang dimulai pukul 9.00 berakhir pada pukul 11.00 WIB. (Mita Karunia)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of