GENBI : Peduli Kebersihan

Lpmarena.com, Generasi Baru Indonesia (GENBI) UIN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan bersih-bersih kota di Alun-alun kidul Yogyakarta, Minggu (8/2). Organisasi mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia ini memilih alun-alun kidul untuk dibersihkan karena di alun-alun kidul lumayan banyak ditemukan sampah berserakan karena susahnya menjumpai tempat sampah. “Karena jarang terekspos dan susahnya menemukan tempat sampah, kami memutuskan untuk melakukan kegiatan bersih-bersihini di Alun-alunkidul (Alkid),” terang Febri Kurniawan, ketua GENBI.

Febri juga menerangkan tujuan diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah untuk memberikan kesan dan contoh kepada setiap orang bahwa menjaga kebersihan itu penting. “Kami ingin mengedukasi dan mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan,” tambahnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 20 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga ini mendapat respon positifdari orang-orang yang ada di alkid. Seperti yang diungkapkan oleh Rosiana dan Rahmi, pengunjung alkid. “Kegiatan bagus tuh, sering-sering aja diadain.” Kedua wanita asal klaten ini berharap agar kegiatan bersih-bersih bukan hanya sekedar kegiatan semata, namun harus bisa menyadarkan pengunjung bahwa menjaga kebersihan itu penting. “Ya percuma kalau pengunjung sendiri tidak sadar. Soalnya masih banyak pengunjung yang cuek tentang kebersihan.Makanyaitu, kesadaran tuh sangat penting, ”jelas Rahmi panjang lebar.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Tini dan Bowo, pedagang di Alkid. Mereka juga berharap agar kegiatan ini terus dilakukan karena meski setiap pagi ada petugas kebersihan yang membersihkan, masih saja ada sampah yang berserakan. “kalau bisa ya kegiatan ini dilakukan secara continue,” harap Bowo, pedagang gelembung balon.

Kegiatan bersih-bersih merupakan salah satu program kerja divisi lingkungan hidup yang dilaksanakan satu bulan sekali dengan berpindah-pindah tempat. Febri menjelaskan bahwa GenBi memiliki empat divisi yaitu lingkungan hidup, ekonomi sosial, pendidikan, dan kesehatan. (Imroatus Sa’adah)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of