Infografik, Sebuah Visualisasi Berita

Salah saru karya infografik yang dihadirkan dalam pameran Indonesia dalam Infografik.
Salah saru karya infografik yang dihadirkan dalam pameran Indonesia dalam Infografik.

Lpmarena.com, Jurnalisme infografik merupakan visualisasi data (berita) melalui pendekatan jurnalistik. Data yang awalnya dalam bentuk referensi dan foto diolah dalam bentuk grafis. Di media massa sekarang ini infografik sudah banyak digunakan.

“Pameran Infografik KOMPAS” merupakan sebuah pameran yang diadakan KOMPAS untuk memperkenalkan mengenai infografik ini. Acara yang berlangsung di Bentara Budaya Yogyakarta ini diadakan oleh harian KOMPAS dari tanggal 26 Februari – 4 Maret 2015. Sebelumnya, peluncuran buku Indonesia dalam Infografik juga telah diluncurkan KOMPAS pada bulan Agustus 2014 lalu.

Infografik menyederhanakan isi berita secara padat dalam bentuk visualisasi. Pemimpin redaksi KOMPAS, Rikard Bagun dalam testimoninya mengatakan dengan penyajian berita secara infografik, pembaca dengan cepat dapat menangkap gambaran jelas tentang berita yang disampaikan.

Infografik dalam pameran ini seperti yang dijelaskan oleh Novan Nugrahadi selaku teknisi infografik KOMPAS sekaligus panitia acara menjelaskan bahwa KOMPAS banyak mengangkat tentang tema budaya, bangunan sejarah, lingkungan, teknologi, dan semua kekayaan Indonesia. “Yang ingin disampaikan masyarakat menerima kekayaan Indonesia melalui infografiknya,” kata Novan.

Membaca infografik di Indonesia sendiri sudah banyak berkembang. “Infografik sudah banyak digunakan seperti pada surat kabar dan iklan yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Sekarang variasi tampilan dan teknik menggambar juga beragam dan menarik,” ucap Novan. Ia juga menjelaskan ciri khas dari infografik KOMPAS menggunakan sudut pandang isometrik untuk mempermudah proses pembuatan. (Isma Swastiningrum)

Komentar

komentar

Baca juga  KOMPAS Lestarikan Budaya dalam Infografik

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of