Tahun Ajaran Baru, UIN Sediakan 3727 Kuota

Tahun Ajaran Baru, UIN Sediakan 3727 Kuota

ilustrasi diambil dari hariandepok.com
Ilustrasi diambil dari hariandepok.com

Lpmarena.com, Pada tahun ajaran baru 2015-2016, UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) membuka lima jalur pendaftaran dengan 3727 kuota. Lima jalur yang disediakan untuk calon mahasiswa baru (Maba) tersebut memiliki kuota berbeda-beda. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 733 kuota, Seleksi Prastasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 1138 kuota, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 354 kuota, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 771 kuota dan Reguler 731 kuota.

Dari kelima jalur tersebut, SNMPTN yang pertama dilaksanakan. Jumlah pendaftar jalur SNMPTN untuk UIN Suka sendiri berjumlah 8.672. Namun, dari 733 kuota yang disediakan UIN, hanya 694 yang lolos. “Kouta salah satu jalur yang tidak terpenuhi seperti di SNMPTN akan dialihkan ke jalur Reguler dengan syarat terpenuhinya nilai standar minimal yang telah dibuat UIN Suka. Dan apabila tidak, maka akan dicukupkan sesuai dengan kouta regular saja,” ungkap Casmini, Ketua Admisi UIN Suka, (11/05). Ia juga menambahkan 694 Maba yang lolos SNMPTN semua adalah yang memilih UIN Suka sebagai pilihan pertama.

Menurut Casmini, SNMPTN tahun 2015 sedikit berbeda dengan tahun 2014. Karena berdasarkan peraturan dari panitia SNMPTN pusat, prodi yang boleh diikutkan pada jalur SNMPTN hanya prodi umum, sedangkan untuk prodi agama memalui jalur SPAN-PTKIN.

Prodi umum di UIN Suka berjumlah 19 dari total seluruhnya 42 prodi. Termasuk diantaranya, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknik Informatika, Teknik Industri,Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Ilmu Perpustakaan, Psikologi, Sosiologi, ilmu Komunikasi, Sastra Ingris, Ilmu Hukum, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari’ah. (Ach Ainun Najib)

Baca juga  Demokrasi Bukan Milik Siapapun

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of