Desak-desakan Ingin Mencoblos, Lima Mahasiswi FITK Pingsan

Lpmarena.com, Rasa antusias mahasiswa UIN Suka untuk memberikan hak suara pada Pemilwa 2015 begitu nampak ketika mereka berduyun-duyun datang ke tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS). Antusiasme tersebut salah satunya terjadi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegururuan (FITK). Namun, rasa antusias itu berubah ketika para mahasiswi FITK mulai ada yang jatuh pingsan.

“Ada sekitar lima orang pingsan, cewek-cewek,” ungkap Haryanto salah satu pihak keamanan FITK setelah membawa salah satu mahasiswi yang pingsan ke mobil ambulance, Kamis (3/12).

Dari pemaparan Vita mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam, mulai awal pembukaan TPS di gedung teatrikal FITK lantai I, mahasiswa banyak yang berdesak-desakan. “Ya, tadi ada sekitar lima orang yang pingsan gara-gara desak-desakan. Sama banyak yang ngerokok di dalam ruangan,” katanya.

Ketika ditanyakan perihal kejadian tersebut, ketua panitia dari PPUM-F, Ahmad Sahal mengaku kejadian itu di luar dugaan. “Itu di luar perkiraan kami ya. Itu terjadi saat terakhir-terakhir pencoblosan, sekitar jam empat. Niatnya cewek dan cowok dipisahkan, tapi yang cowok tidak mau yang mengalah,” kata Sahal.

Sahal mengaku kewalahan dan tidak bisa berbuat lebih banyak karena membludaknya mahasiswa yang ingin mencoblos. “Udah nyari tempat untuk evakuasi di lantai satu, tapi penuh semua. Ya seadanya tempat kami buat evakuasi,” tutur mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) ini.

Reporter: Ahmad Najib

Redaktur: Isma Swastiningrum

Baca juga  Songsong Pemilwa, Tim Ad Hoc Mulai Sosialisasi

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of

Send this to a friend