Seimbangkan Stres Praktikum dengan Seni

Lpmarena.com, Berawal dari perkumpulan rutin tiap hari Rabu sore di Laboratorium Fakultas Saintek UIN Suka, perkumpulan kesenian ini bernama Slowrock Grup. Jumat (29/4) Slowrock Grup mengadakan pentas Saintek In Harmony 2 di Gedung Teatrikal Fakultas Saintek. Pentas ini menampilkan berbagai kalangan kesenian, dari mahasiswa, dosen, dan karyawan yang ada di UIN Suka, khususnya Fakultas Saintek.

Menengok sejarah, menurut pemaparan ketua panitita Ahmad Kurniawan (Iwan) dulunya Slowrock Grup pernah mengadakan Saintek In Harmony 1. Pentas itu terjadi ketika musim demo di UIN Suka sedang ramai-ramainya. “Dulu kenapa ada Saintek In Harmony 1? Ketika musim demo itu lho. Di kampus sangat memanas,” tutur Iwan.

Untuk tahun 2016 ini, Iwan menjelaskan Saintek In Harmony 2 diadakan dengan latar belakang mahasiswa-mahasiswa Fakultas Saintek khususnya yang disibukkan oleh laporan-laporan. “Orang-orang saintek itu kebanyakan isinya laporan-laporan, praktikum-praktikum, dan kuliah. Kenapa ada Saintek In Harmony 2, agar pemikirannya itu seimbang,” katanya.

Mahasiswa Biologi angkatan 2012 tersebut menjelaskan, karena efek dari praktikum mahasiswa tidak tidur dan tidak bisa bermain. “Efek dari praktikum stres-nya itu minta ampun teman-teman itu. Stres itu berpengaruhnya ke semuanya,” tutur Iwan.

Konsep acara pentas lebih ke suasana harmoni. Pentasnya meliputi penampilan kesenian, seperti band (Saintek Musik, Paper Cut Band, Slowrock Band), dance (Longla Dancer, Twenty Dancer, Grup Tari Kipas), dan musikalisasi puisi (Sajak Kolong Kampus).

Iwan berharap dengan adanya Saintek In Harmony 2 bisa memberi dampak yang harmonis, terjalin keseimbangan. Tidak ada egoisme, sombongisme, tidak ada saling tidak peduli.  “Insha Allah, damai itu sebenarnya indah. Apalagi indahnya saat menikmati seni bareng,” ucapnya.

Lailani F. Azzam  gitaris dari Saintek Musik mengaku antusias mahasiswa Saintek khususnya, terhadap kesenian cukup besar. “Acaranya seru. Serunya, ini kan Saintek Harmony 2, dan ini melebihi ekspektasi, kita gak nyangka penontonnya sebanyak ini,” ucap mahasiswa Teknik Industri 2013 tersebut, yang bersama bandnya menyanyikan lagu Seluruh Nafas ini, Perahu ertas, Malam Biru, Rude.

Reporter dan Redaktur: Isma Swastiningrum

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of

Send this to a friend