Rancangan OPAK UIN Suka Menyambut Maba 2016

Rancangan OPAK UIN Suka Menyambut Maba 2016

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Lpmarea.com, Prosesi Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) UIN Sunan Kalijaga tahun 2016 akan mengalami beberapa perubahan. Perubahan meliputi sistem pendaftaran maupun hal teknis, seperti tempat pelaksanaan OPAK. Hal ini diungkapkan oleh Zaky Afthonul Makin, ketua panitia OPAK universitas saat ditemui ARENA, Selasa (2/8) di Warung Kopi Nusantara.

Pelaksanaan OPAK 2016 akan dimulai tanggal 18-19 Agustus yang akan mengambil tema: Transformasi Pengetahuan Menuju Pendidikan Humanis Berdasarkan  Keislaman dan KeIndonesiaan.  “Tema ini muncul berdasarkan kritik terhadap dunia pendidikan yang dirasa tidak sejalan dengan dunia pendidikan yang semestinya,” ujar ketua panitia OPAK tersebut.

Selain itu, Zaky juga menjelaskan bahwa konsep acara  pelaksanaan OPAK tahun ini kurang lebih masih sama seperti tahun kemarin. Namun ada beberapa hal yang baru dari pendaftaran OPAK tahun ini, yaitu sentralisasi pendaftaran OPAK melalui online. Untuk mengantisipasi sistem yang error panitia OPAK juga sudah berkoordinasi dengan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) dan akan membuka posko pendaftaran. “Nanti kalau sistemnya error, kita sudah membuat MOU sama PTIPD dan Warek III untuk menjalankan pendaftaran melalui manual saja,” tegas Zaky.

Sementara itu terkait pembangunan gedung baru di area Panggung Demokrasi yang biasanya digunakan untuk apel bersama peserta OPAK, Zaky mengungkapkan bahwa tahun ini apel bersama dan sosialisasi dari beberapa angota UKM akan dipindahkan di depan perpustakaan.

Terkait dana OPAK, Zaky mengungkapkan bahwa untuk panitia OPAK tahun ini belum ada kejelasan jumlah dana yang akan turun. “Masalah dana kita tidak diberi wewenang dan tidak ada kejelasan akan turun berapa untuk OPAK tahun ini,” ucap Zaky.

Baca juga  Korp. Nuklir 2012 Tuntut Beasiswa Penguatan Prodi

Reporter: Doel Rohim

Redaktur: Isma Swastiningrum

Komentar

komentar

Share:

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of