109 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com- Persatuan Bangsa- Bangsa (PBB) telah menetapkan 18 Desember sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia. Dalam rangka memperingati hari tersebut, mahasiswa dan mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan acara sastra dengan tema,“Menghadirkan Nuansa Dunia Arab di Bumi Nusantara melalui Bahasa dan Sastra”, bertempat di taman Fakultas Adab.

“Bahasa Arab sebagai bahasa Internasional. Kami ingin memperingati dan memeriahkan Hari Bahasa Arab,” ungkap Didik selaku ketua panitia acara yang ditemui ARENA, Senin(18/12).

Acara yang dipanitiai oleh mahasiswa dan mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) tersebut diselenggarakan dari tanggal 17 hingga 18 Desember, dan dibuka oleh Tafriudin selaku Wakil Dekan III Fakultas Adab, dilanjutkan dengan pembacaan puisi dalam bahasa Arab dan Indonesia oleh mahasiswa maupun mahasiswi.

Selain pameran kaligrafi dan biografi tokoh-tokoh sastra Arab, sebagai acara utama, panitia mengadakan pemilihan Putra dan Putri Bahasa Arab yang diikuti oleh perwakilan angkatan dan dinilai langsung oleh perwakilan dosen fakultas.

“Pameran kaligrafi dan biografi tokoh-tokoh sastra Arabnya menarik. Apalagi itu kan agenda tahunan,” ungkap Laila Sa’adah mahasiswa BSA yang saat itu mengunjungi pameran yang juga merupakan rangkaian acara tersebut. Namun ia juga menyayangkan pameran yang menurutnya kurang terkonsep dan kurang rapi. “Semoga kedepan untuk pameran kaligrafinya lebih rapi lagi,” ungkapnya.

Sebagai penutup acara, panitia menyelenggarakan apresiasi sastra di depan Fakultas Adab pada 18 desember pukul 20.00 WIB.

Magang : Zaini Adnan

Redaktur: Wulan