106 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com- Minggu(17/12), ASSAFA (Association of Bidikmisi Students of State Islamic University of Sunan Kalijaga) menyelenggarakan makrab dengan mengangkat tema  “Pupuk persatuan, tanam kebersamaan, menuju persaudaraan” untuk mahasiswa Bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2017 di Embung Kaliaji, Sangurejo, Turi, Sleman, selama dua hari, pada 16 hingga 17 Desember 2017. Tema yang diusung pada makrab kali ini diharapkan bisa memupuk rasa kekeluargaan diantara mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, begitu diungkap Susi Susanti selaku ketua ASSAFA.

Makrab dibuka  pukul 20.00 oleh Susi Susanti . Susi menjelaskan di tahun sebelumnya, tepatnya 2016, makrab sempat ditiadakan, hingga akhirnya tahun ini dapat dilaksanakan kembali. “Alhamdullilah, Bidikmisi angkatan 2017 ini termasuk beruntung,” ungkap Susi. Pendanaan makrab sendiri, diakui Susi diambil dari masing- masing peserta. “itu murni dari peserta, makanya setiap peserta dikenai biaya administrasi Rp. 50.000.”

Ach. Ainun Najib selaku Ketua Demisioner tahun lalu menambahkan, bahwa ditiadakannya makrab untuk mahasiswa Bidikmisi 2016 adalah karena tidak masuk ke dalam program kerja. “Tahun lalu itu kita mengadakan buka bersama lintas angkatan, makanya kita tidak mengagendakan makrab karena angkatan 2016 sudah termasuk dalam acara itu.”

Kegiatan makrab diawali dengan pemberian materi keorganisasian ASSAFA oleh panitia. Mulai dari pengenalan setiap divisi, tugas masing-masing divisi, hingga sosialisasi tanggung jawab pengurus harian. Kemudian dilanjutkan dengan pentas seni (pensi) yang melibatkan semua mahasiswa Bidikmisi 2017. Menampilkan pembacaan puisi berantai, balas pantun, bernyanyi, dan drama. Keesokan harinya, kegiatan makrab dilanjutkan dengan permainan-permainan outbond berkelompok di sekitar Embung Kaliaji.

Makrab diakhiri dengan susur sungai Embung Kaliaji dan penutupan serta doa bersama oleh panitia. Pada penutupan, Hidayat selaku ketua makrab menghimbau, mahasiswa  bidikmisi 2017 semakin kompak dan tidak apatis terhadap sesama teman angkatan. “Minimal saling sapalah kalau ketemu dijalan,” ucapnya.

Magang: Irhas Febri

Redaktur: Wulan