Home BERITA Menulis Catatan Harian sebagai Terapi Emosi

Menulis Catatan Harian sebagai Terapi Emosi

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com- Self-care atau merawat diri merupakan hal yang penting bagi kesehatan jiwa.  Menurut Raden Prisya, seorang tokoh mindful living, salah satu bentuk merawat diri adalah dengan journaling atau menulis catatan harian. Perbincangan ini berjudul Merawat Diri melalui Terapi Journaling,digelar daring melalui akun Instagram @menjadimanusia.id , pada Jumat (05/03).

Menulis catatan harian sebagai aktivitas rutin sehar-hari merupakan langkah penting untuk memulai self-care. Lalu waktu yang tepat untuk melakukannya menurut Prisya adalah saat pagi buta. Aktivitas ini mampu mengolah emosi dengan dan bertujuan mengenal diri.

Menulis catatan harian sendiri bukan praktik instan karena tidak menerapkan tenggat waktu. Sehingga konsistensi menjadi tantangannya. Kata Prisya, setiap sesi dalam proses menjaga kewarasan ini perlu dihargai.

Lebih lanjut, pendiri lembaga Mindful Living and Parenting Practitioner tersebut memaparkan bahwa teknik journaling banyak dipakai dalam terapi. Sebab kegiatan menulis ini adalah cara untuk jujur kepada diri sendiri atas apa yang dirasakan.

“Gak apa tulisannya jelek, berupa coret-coretan atau bahkan menggunakan bahasa kasar karena kita sedang jujur dengan diri sendiri,” imbuhnya.

Namun bentuk self-care ini berbeda pada setiap orang, tergantung pada kebutuhannya. Sebelum melakukan self-care, seseorang harus mampu mengenali siapa dirinya. “Apa yang sedang dirasakan, apa yang diinginkan, apa yang dibutuhkan?” ujar Prisya.

Sebagai fasilitator pemerhati di lingkungan kerja atau workplace mindfulness facilitator, menegaskan bahwa self-care ini menjadi kebutuhan penting dan wajib dipenuhi bagi setiap orang. Setiap hal yang menyangkut diri, baik kebutuhan fisik, jiwa, ataupun spiritualitas penting untuk dirawat.

“Everything you need is already you are.”

Apapun yang kamu butuhkan, telah ada pada dirimu. Begitu lah pungkas Prisya.

Reporter Afrahul Fadilah (magang) | Redaktur Dina Tri WIjayanti | Sumber Gambar Kompasiana